Hati-hati kehilangan isi bagasi di Air Asia

by Konsumen on October 21, 2010 · 7 comments

Beberapa waktu lalu saya melakukan perjalanan dinas ke Bangkok (tgl 21 Sep 2010 Flight QZ 7716)). Sesampai di Bangkok 2 dari 4 bagasi kami hilang, dan kami langsung membuat laporan di bandara Bangkok. Pada saat itu, petugas yg bersangkutan memberitahukan bahwa dia akan melacak keberadaan tas kami dahulu dan akan membari kabar jika sudah diketemukan atau mrk akan kirim ke hotel tempat kami menginap. Kami menyetujui hal itu, dikarenakan pada saat itu sdh cukup malam, maka kamipun langsung check in ke htl.

Keesokannya kami mendapat kabar dari pihak airasia Bangkok bhw tas kami sdh diketemukan (dgn alasan tertinggal di Jakarta) dan akan dikirim ke hotel tempat kami menginap. Pada malam harinya sekitar jam 11 malam, kami baru menerima tas kami (dikirim oleh pihak delivery service) dalam keadaan terbungkus plastik dan msh tersegel. Pada saat segel tersebut kami buka, saya mendapati resleting tas saya dalam keadaan rusak (putus), begitu juga tas milik teman saya dalam kondisi pernah dibuka paksa. Sayapun lalu membuka tas saya dan memeriksa isinya, dan ternyata ada beberapa barang saya yg hilang diantaranya : 2 bngks rokok berikut lighter dan baterai charger kamera digital Sony DSC T300. Dan teman sayapun kehilangan pocket knifenya yg ditaruh di dlm tas.

Sayapun langsung komplain ke pihak Airasia Bangkok per telpon dan menjelaskan semuanya, mereka menyarankan saya untuk membuat laporan kembali pada saat jadwal kepulangan saya nanti (tgl 25 Sept 2010), dan saya setuju.

Pada saat pulang dari Bangkok, sayapun melaporkan hal tsb kembali di bandara Bangkok, mereka membuat reportnya (Report id : CBTBKK10a00353) dan menyarankan saya untuk melaporkan kembali setibanya di Jakarta, sayapun melakukannya. Pihak airasia menjanjikan akan menginvestigasi dahulu keadaanya dan akan memberi kabar ke saya 2 hari kemudian, namun tdk ada kabar/telepon dr Airasia dlm 2 hari tsb. Akhirnya saya yg hrs menghubungi mrk, dan itupun sulit.

Setelah perdebatan berkali-kali dlm bbrp minggu, saya diberi kabar bhw dlm policy airasia tdk ada penggantian untuk isi bagasi yg hilang, dan saya sangat kecewa dgn hal ini. Kalau memang tidak ada penggantian isi bagasi yg hilang karena kelalaian customer, saya msh bisa menerima, tetapi dalam hal ini tas saya dalam kondisi dirusak yg berarti adanya pembongkaran paksa yg sama artinya dengan kasus pencurian.

Bagaimana mungkin saya hrs menanggung kerugian yg disebabkan oleh kelalaian pihak Airasia. Belum lagi kerugian karena saya hrs membeli pakaian untuk kerpeluan sehari2 saya pada saat di Bangkok.

Sungguh pelayanan yg sangat mengecewakan sekali. Kenapa di Indonesia, kita sebagai konsumen selalu berada di posisi yg lemah.
Saya sarankan harap berhati-hati bagi yg ingin melakukan penerbangan bersama Air Asia, terutama terhadap bagasi anda.

Gaynowo Liman
gaynowo@yahoo.com

{ 7 comments… read them below or add one }

1 Lampung Way Kanan October 27, 2010 at 11:23 pm

terimakasih bro infonya

2 mutiara November 14, 2010 at 3:17 am

Makasih infonya.saya jg mau sekedar sharing, selasa kmrn tgl 9nov’11 saya transaksi online jkt-bali tp krn ksalahan sistem saya membeli double tiket..ahirnya saya diminta tlv bsknya,rabu kamis saya mncoba tlv ttp dminta tlv bsknya lg.ahirnya jumat kmrn saya tlv lg dgn susah payah nyambungnya trs ktnya kerugian saya djadikan credit shell o/pihak airasia.tetapi saya cek blum ada saya tlv lg dblg bsk lg yaitu hr sabtu tetapi saya cek blm ada juga..saya kecewa sekali dgn pelayanan airasia krn tdk dpt memberikan kepastian penggantian biaya kerugian saya..jd hati2 saja yg mau beli tiket airasia secara online..

3 Gaynowo November 15, 2010 at 4:32 pm

Begitulah pelayanan airasia, kalau ada complain selalu dioper2 dan ditunda-tunda….Tidak professional.

4 nisa sanjaya jennifer November 27, 2010 at 5:35 am

iya mas siap.. pokoknya jadi konsumen mah kudu ati2 pisan euy… :D

5 Lesley Simpson March 27, 2011 at 10:18 pm

Saya baru ada pengalaman yg sangat buruk jg dengan Air Asia. Pesawat kami rute nya telah di CANCEL 2 bulan lalu, dan tidak ada pemberitahuan. Di saat kami terbang juga dengan Air Asia 2 hari lalu, mereka tidak juga memberitahu kalau rute tersebut di cancel. Sekarang kami tidak dikasih solusi oleh petugas di airport, malah disalahkan kalau kami tidak terima telp dari Air Asia saat akan diberitahu.
Disaat petugas Air Asia telp pada jam 8:30 pagi, kami sedang duduk di pesawat AIR ASIA, apakah HP mestinya menyala di saat dalam penerbangan? Sangat tidak masuk akal jawaban petugas ini. Ini kelalaian Air Asia, dan solusi terbaik yg sedang ditawarkan sekarang ini adalah waiting list untuk pesawat yg akan terbang 4 JAM lagi, dan jika pesawat tsb yg sudah FULL tidak bisa menampung kami, kami akan diberikan uang kami kembali. Ini bukanlah solusi, tetapi ketidak tanggung jawabnya Air Asia. Karena dengan demikian, kami dirugikan dengan tidak bisa pulang ke kota kami & mesti mengeluarkan biaya utk mencari lodging untuk 1 malam lagi, dan solusi untuk pulang masih tidak menentu.
Saya sangat kecewa dengan Air Asia. SANGAT KECEWA.

6 Charlie Hartono January 8, 2012 at 10:47 pm

Cep cep cep sabar yah Lesley :D

7 Cyrilla Yeshika Esfandiari April 2, 2012 at 11:43 pm

Saya baru saja melakukan penerbangan Air Asia dr Singapore ќε Jogja.. Khasusnya sama, bagasi saya hilang satu.. Lgs saat itu juga saya komplain ќε air asia jogja, kata mereka disuruh nunggu kabar bsk.. Besoknya saya ќε bandara ℓa̐ªgĩ ,ϑi sana dioper2, bahkan katanya bagian Ɣªήğ mengurusi lost baggage sedang training ϑi jkt.. Posisi koper saya belum ditelusur.. Sungguh mengecewakan d∂ή tidak professional sekali air asia.. Pertama naik lgs dikecewakan.. Hati2lah jika anda naik air asia..