PELAYANAN AFTER SALES SERVICE SANYO SANGAT MENGECEWAKAN

Saya adalah pembeli produk Mesin Cuci SANYO type 2 tabung pada bulan Desember 2008 yang lalu di Electronic Solution, kami mendapat garansi 1 tahun dari SANYO dan kami menambah Rp. 100.000 untuk penambahan garansi 1 tahun setelahnya dari Electronic Solution. Kami membeli merk SANYO karena melihat merek tersebut sudah terkenal cukup lama dan produknya dapat diandalkan.

Namun demikian, sekitar bulan Maret 2009 yang lalu mesin kami mengalami kerusakan pada mesin pengeringnya. Karena masih dalam masa garansi kami mencoba untuk melaporkan pada Customer Service di Service Sales SANYO, ada 4 nomor di kartu garansinya.

Pertama-tama kami coba menghubungi SANYO pada hari Jumat tanggal 27 Maret 2009 dan melaporkan hal tersebut. Untuk masuk ke line telepon mereka susahnya bukan main, karena tidak diangkat-angkat, kemudian setelah beberapa kali mencoba akhirnya diangkat dan mereka berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut sekitar 2-3 hari akan ada teknisi yang datang ke rumah. Saya tunggu sampai hari Senin tidak ada teknisi yang datang, kemudian hari Jumat minggu depannya tanggal 3 April 2009 saya coba menghubungi lagi, sama sulitnya dengan yang pertama setelah lebih dari 10 kali menghubungi baru diangkat, padahal semua line tidak ada yang sibuk. Mereka mengatakan akan menghubungi teknisinya dulu karean sampai saat itu belum ada jadwal kunjungan ke rumah saya. Mereka akan menghubungi teknisinya terlebih dahulu dan akan menghubungi saya sekitar 10 menit ke depan.

Setelah 10 menit, mereka memang menghubungi kami, dan berjanji akan datang pada hari Selasa tanggal 7 April 2009, tapi seperti semula mereka tidak datang tanpa ada kabar yang jelas.

Hari Selasa itu saya coba menghubungi lagi ke SANYO Service ke salah satu nomor yang ada, tapi menurut operator, mohon menghubungi line yang lainnya ke 65307765 karena line itu yang untuk penjadwalan, saya hubungi line itu susahnya bukan main dan setelah 10 menit mencoba baru diangkat. Mereka menjawab karena jadwal servis ke tempat saya belum dijadwalkan dan mencoba akan menghubungi teknisinya dulu karena akan menanyakan jadwalnya dan akan menghubungi saya kembali dalam 10 menit ke depan, mereka memangmenelepon tapi bukan HP saya, tapi ke HP istri yang memang sudah tercatat juga di SANYO, mereka minta maaf dan jadwal kunjungan sudah ditetapkan pada tanggal 10 April 2009.

Setelah tanggal 10 berlalu, mereka ternyata tidak datang juga dan saya tunggu sampai hari Selasa tanggal 14 April. Karena tidak datang maka pada tanggal tersebut saya menghubungi mereka dan menanyakan kenapa mereka selalu bicara akan datang tapi kenyataannya tidak pernah datang, oleh karena itu saya minta mereka untuk lebih serius dan memperhatikan laporan saya. Mereka kemudian menanggapi ternyata jadwal kunjungan belum dijadwalkan dan berjanji akan menghubungi saya dalam 10 menit. Mereka ternyata tidak menghubungi saya.

Esoknya saya menghubungi kembali dan menanyakan kembali mengapa kunjungan tidak dilaksanakan. Mereka menjawab akan menanyakan kepada teknisinya, karena minggu lalu teknisinya semua lagi pada training. Mereka berjanji akan menhubungi saya kembali. Sekitar 15 menit mereka tidak menghubungi saya namun menghubungi ke nomor rumah. Yang mengangkat pembantu saya dan yang menghubungi teknisi SANYO. Teknisi tersebut mengatakan bahwa kunjungan belum dapat dilaksanakan karena belum ada perintah dari pusat, mungkin sekitar minggu besok akan datang.

Pertanyaannya, mengapa perusahaan besar sekelas SANYO seperti mempermainkan konsumennya? saya heran mengapa setelah telepon beberapa kali jadwal kunjungan tidak segera dibuat dan mengapa dari sebegitu banyak line telepon semuanya susah diangkat dan customer dibiarkan menelepon berulang-ulang sampai bosan?.

Saya kecewa sekali dengan pelayanan after sales service SANYO dan menghimbau kepada calon pembeli produk elektronik SANYO agar berhati-hati dengan pelayanan servis mereka yang sangat buruk.

Mohon agar menjadi perhatian.

Terima kasih

Ery Surandaru
edisa@diffy.com

39 thoughts on “PELAYANAN AFTER SALES SERVICE SANYO SANGAT MENGECEWAKAN

  1. Namanya aja di Indonesia,mau duitnya aja …what next?up to you.
    Pegawai,manager Sanyo itu sama Malaaaaaas

  2. Klo menurut aku untuk pelayanan customer service yang buruk dari produk electronik bukan hanya dari sanyo tapi juga sekelasnya yaitu Merk LG, mengapa untuk konfirmasi pengambilan barang yang diservice customer service memberikan no telp yang sangat sulit sekali dihubungi.sekitar 20x saya menghubungi terdengar nada sambung tapi tak diangkat.sampai bosan saya menghubunginya dan akhirnya saya putuskan untuk datang langsung ke sana.
    Tepatnya Pusat Service LG yang berada di Jl. Biak (Roxy Mas) Jakarta.

  3. Kejadiannya sama seperti yang saya alami. Sudah hampir 2 minggu teknisi tidak datang juga. Kalau saya telephone, pasti tidak diangkat-angkat. Pelayanannya sangat buruk sekali.

  4. baru saja sy telp ke sanyo, katanya sudah pindah tempat…. tny ke toko tempat kita beli barang.. mereka bilang sudah di konform dr 2minggu yg lalu….tp ga ada kabarnya… bener2 parah sekali pelayanannya…

  5. Iya sama EUY!!! TV yang baru saya beli 2 bulan yang lalu tiba2x mati tanpa tedeng aling2…kemudian saya hubungi pusat service SANYO (Bandung) gak pernah diangkat. Saya telp 108 dikasih nomer yang berbeda pun TAK DIANGKAT. Sungguh mengecewakan sekali…Layanan purna jual paling buruk so far….

    • Iya nih…. G jg pake TV Flat 21 inch merek sanyo.. kejadiannya begitu jg, tanpa sebab,…bim..salabim….jd mati total….truss…..service centernya susah banget dihubungiya…..wah…pelayanannya buruk banget…padahal linenya ngak sibuk…payah banget Customer Service nya… padahal klo d perusahaan g, tlp berdering 3 x ga diangkat…langsung kena peringatan dari pimpinan, tp koq perusahaan sekelas SANYO yang sudah multinasional, kalah dengan perusahaan nasional…Payah…

  6. memang pt sanyo hanya omong kosong soal garansi, saya membeli 7 unit tv 21″ salah satunya rusak, berkali kali menghubungi nomor telpon pada kartu garansi sia2, terpaksa dibawa ketempat service, ternyata crt tewas, padahal
    digarasi 1tahun, mau diganti sendiri harganya hampir sama beli baru tv nya.
    jadi kalau beli barang electronik sebaiknya hindari merk sanyo, walaupun kita kadung fanatik.

  7. Saya juga udah trauma beli sanyo! Cukup sekali seumur hidup! Jgnkan diperbaiki, mau telp ke service center aja setengah mati. Buat management sanyo di indonesia..mengapa anda sama sekali tdk pny kepedulian trhdp bgt banyak complain dr para customer??

  8. Saya mengalami hal yg kurang lebih sama dengan saudara Ery. Mesin cuci 2 tabung saya rusak di tombol pemutarnya. Menghubungi costumer service tak diangkat dari jam 8 pagi sampai jam 10 siang tak diangkat2 jg padalah line-nya tidak sibuk tuch. Saya kecewa dan tidak akan membeli produk sanyo lagi

  9. wow..parah donk kalau gitu..keluhannya kalo bisa masukin ke kompas pak..lebih afdol..biar pada tau tuh orang yang baca kompas..

  10. saya juga kecewa dengan prodak sanyo salah satunya televisi 21 inchi type w 22 baru 3 bulan saya beli baru di toko electronik didepok mati total. saya kapok dan tidak mau membeli produk sanyo dengan bentuk apapun.

  11. waahhhh sama tuh pa ery…. saya juga beli mesin cuci “MIKROKOMPUTER SANYO TYPE ASW-A76HT” BARU setahun sdh rusak ngak mau runing error, sy sdh telpon berulang2 ngak ada yang angkat services centrenya, coba di daerah lain jtk, sama juga,…. kebetulan sy tinggal di depok utk telp. ke services centre bogor ngak ada yg angkat… jadi kesal….. sangat payah pelayan purna jual dari SANYO, dan sampe sekarang saya juga jadi bingung neh ….. ???

  12. Wah emang payah tu SANYO..
    Thn 2008 lalu beli mesin cuci Sanyo asw-80srt
    blm sethn udh bermslh pd hal 1 minggu plg pake 3x, karna msh garansi g cb hubungin cs sanyo..tekhnisinya ada dtg..trs d gnti 1komponen..tu pun masih kena biaya 140rb..
    Tp stlh d pake 2 3 kali mesin y rusak lh.. Tu pun msh dgn mslh yg sama..cb telpon k cs blg y akn dtg tp ga muncul2x. Besok y d hubungi blg y ga ada prnth dari pusat buat turun..
    1 minggu kemudian d hubungi alasan y pun sama….
    Sampe skrg mesin cucinya msh rusak..cr teknisi bt servis sush..produk sanyo emang PAYAH

    Kapok ama sanyo..sangat mengecewakn saya.. G ga akn beli produk sanyo.. Payah..ga ada kepedulian terhdp konsumen..ga ada tanggung jawab..

    Buat semua y..ht2 dlm milih produk..mending jgn plh produk sanyo..

  13. saya tanggal 2 oktober membeli mesin cuci sanyo SW700XT seharga Rp 1.100.000 sudah termasuk ongkos kirim ke sentul city – bogor. ketika sampai di rumah saya tes didepan salesnya. Nah ketika putaran mesin cuci menyala & putaran mesin spin menyala lalu saya ingin putar timer nya ke angka O. langsung si sales melarang “jangan diputar pak…karena itu bikin cepat rusak” ya sudah saya biarkan sambil ngobrol2 & minum alakadar di rumah saya. stelah kami selesai ngobrol saya & sales itu langsung keluar rumah. ketika mengunci pintu rumah saya masih mendengar suara putaran mesin spin (pengering) yg masih berputar, padahal tadi saya hanya memutar timernya ke angka 1 menit tapi ko masih belum mati. melihat sales sudah jalan duluan, saya pun sangka baik saja mesin itu bagus, mungkin karena baru & mesin pengering itu berputar tanpa ada pakaian basah di dalamnya jadi lambat berhentinya. saya pun bersama sales ke atm membayar sisa 500rb lagi. setelah salaman kami pun langsung berpisah. saya langsung menjemput istri dari kantor terus ke rumah utk beres2 menata rumah utk tempat mesin cuci baru. setibanya kami di rumah saya terkejut mesin pengering masih menyala dan panas sekali. langsung saya cabut cok listrik & call sales tadi meminta pertanggung jawabannya. Lantas si Sales dengan lihai memberi berbagai alasan yang sangat tidak masuk akal. padahal saya sudah bayar lunas tapi barang yang diberikan adalah barang RUSAK. akhirnya si Sales pun berjanji akan datang besok tanggal 5 oktober 2010 membawa ganti barang saya dgn yg bagus.

  14. TV plasma baru dua bulan mati total, ahirnya jadi sampah , tlp yg ada di buku garansi daerah Sunter tdk diangkat angkat, he he he udah untung juga begitu dinyalain ndak keluar air, terkutuklaklah engkau sanyo menyengsarakan orang banyak

  15. iya sama..saya juga mengalami hal serupa.mesin cuci yang baru saya beli 3 bulan sudah rusak.ternyata cuma nama nya aja terkenal tapi product nya ga ga jelas.

  16. baru seminggu beli mesin cuci SW-910XT mudahan awet tp kalo rusak gigit jari aja karena belinya di timika papua..payah

  17. iya saya juga sama hubungi nomor 0800-1-003-003 susah , iseng iseng cari website sanyo, ketemu di http://www.sanyo-sales.co.id disana ada menu “kontak” lalu saya masukkan complaint alhamdulilah , komplain saya di respon, dan petugas sanyo telpon balik ke no telpon saya dan laporan saya segera diselesaikan, semoga dapat membantu teman 2 yang punya produk sanyo

  18. kelihatannya gak cuma merk merk yang saya baca diatas, beberapa merk lain juga sama , mereka selalu taruh no telp yang sangat sulit untuk dihubungi, lebih tepatnya no telp yang dicantumkan tsb apabila ditelpon memerlukan hampir 1 harian penuh baru diangkat atau malah bisa pindah alamat .
    Mestinya dibuat tuh undang undang nya, merugikan konsumen , he he he

  19. pantas aja perusahaan sanyo skr gabung/dibeli panasonic… semoga dengan mergernya sanyo-panasonic pelayanan lebih baik…

  20. mas lie maryo.saya udah coba hub ke no yang mas referensikan website nya cab tasik salah nomor,cabang bandung gak di angkat222. mesin cucisaya jg gak bisa putar

  21. Mas wahyu, memang waktu itu saya tidak menghubungi no telpon yang ada karena yakin agak sulit, tapi saya langsung masukkan keluhan kekolom yang tersedia di tab “kontak” disana ada beberapa kolom untuk mengisi keluhan kita
    semoga bermanfaat

  22. jadix aq beli atau jgn y mesin cuci sanyo? soalx udh nyari info tntng msn cuci terbaik, kbnykn jwb sanyo n samsung. tp klu kejadianx kyk gt tntng afsalx, laporkn aj k lembaga konsumen indonesia! LKI kn pnya qt….

  23. rata2 no costumer servis hanya pormalitas aja pelengkap data. selalu dialihkan sesibuk2 mungkin. kok bisa ya? sangat2…. mengecewakan

  24. Jangankan pelayanan after sales service nya.. pelayaan untuk order barang aja,puarahh buangettt.. Padahal kita beli product lho… jadi se uda kebayang gimana after sales servis nya,,pasti lebih parah d…

  25. pengalaman sayapun tidak berbeda jauh dengan pengalaman konsumen konsumen lainnya, saya beberapa kali rtelp ke service center sanyo jakarta tapi tdk pernah diangkat, sekali diangkatpun teknisinya sulit untuk datang, bahkan saya sempat marah marah, karena hampir 7 kali telp, akhirnya saya putuskan saya tidak akan membeli prodek elektronik apapun yang bermerek sanyo. saya kapok dan trauma dikecewakan oleh para teknisi sanyo tersebut.

  26. pengalaman saya beli sanyo SW700XT tgl 18-12-2011, beli ditoko… dtg malam hampir jam 9 pas dinyalain sm yg anter tuh mesin cuci jalan tanpa ada air….. krn sdh malam, bsk saya serta istri kerja mesin cuci dimasukan lg ke kardus pas tgl 22-12-2011 istri mau cuci trus air dimasukan tau g…. air keluarrrrrrrr……..dr bawah sela-sela cassing mesin cuci, parahhhhhh….. g tuh… yg saya bingung QCnya itu g ngecek atau ketiduran pas ngetestnya… ampun dah sanyo, sanyo…..

  27. SANYO memang parah abis…. masa jual barang tidak bisa service…alasannya barang buildup segala konyol kan… dari pusat service di pimpong kemana-mana dikasih nomor telepon 6450381 -84 ada lagi 6505668 ada lagi 6530765 juga kagak ada solusi ujung-ujung nya harus tanya sama toko karena jual barang merk sanyo harus bisa service juga lucu lucu banget tuh jawaban dari pusat service 08001003003
    mau nya sanyo itu apa sehhhh….udah punya brand bagus namanya SANYO tapi after service nya NOLLLL BESARRR !!!!! berarti barang-barang Sanyo hanya dapat digunakan sekali pakai buang BAGUSSS TOP BGT tuhhh

  28. Bukan perusahaannya yang jelek, tapi perusahaan cabang yg di Indonesia yg jelek,apapun di Indonesia pst jd bobrok.Biasa,orang Indonesia,mental dan moral nya bobrok banget,tau sendiri deh,coba complaint ke headquarter nya (emang ribet sih).xD.Biasa di Indonesia,klo kita mau beli barang wah pelayanannya nomor satu,tp klo uda beli ada complaint mah dicuekkin deh,lain kali bgtu telp diangkat lgsg bilang kamu datang cek ke tempat saya skrg dan saya akan kasih kamu uang,jgn takut complain gratisan…hahahahahaha

  29. Ternyata after sales service Sanyo sangat buruk sekali, hal yang sama baru saja menimpa saya dimana mesin cuci top loading saya rusak emang type lama dan sudah habis garansinya tapi saya rela membayar biaya service yang Rp 55rb diluar spare-part, it’s ok buat saya sesuai pembicaraan saya ditelpon dengan yang menerima telpon saya di SANYO SERVICE CENTER SUNTER dan di janjikan untuk datang sekitar 3-4 hari tapi apa daya..tunggu teruuuuuus…. dan tidak datang2…. tilpon juga kagak….anda bisa bayangkan disaat ini tidak ada PRT betapa banyak cucian kita ya apa bole buat harus masuk laundry kiloan dech……ya akhirnya ya saya harus membeli mesin cuci baru tapi yang BUKAN SANYO LAGI!!!!SAYA ANTI DENGAN PRODUK SANYO SEKARANG!!!!!!! yang service mau dibayar aja seperti ini apalagi yang ngga bayar alias garansi…

  30. Kalau sdh byk begini … yang complient SANYO seharusnya berbenah diri … produk akan laku apabila purnajual & service baik … angkat masalah ini pengaduan pelayanan konsumen.

  31. saya terlambat membaca kejadian “SANYO” di situs ini…ohhhhh betul2 mengecewakan SANYO….. saya beli mesin cuci tipe dua tabung 740, tgl 15 April 2012, saya pake tgl 16 April, lalu rusak mesin pengeringnya tgl 1 Mei 2012, saya sudah menghubungi toko tempat pembelian katanya harus menghubungi kantor SANYO, saya telpon berkali-kali call center pengaduan konsumen SANYO hingga detik ini 19 Juni 2012 belum juga ada teknisi yg datang, saya hanya pingin kepastian saja, kalo SANYO gak sanggup untuk memperbaikinya, saya masih bisa memanggil teknisi profesional lainnya, namun karena adanya garansi pabrikan sebagai hak pembeli maka saya punya etika, hal tersebut tidak saya lakukan. Gimana SANYO sanggup tidak untuk memperbaikinya ????? Karawang

  32. Sy ingin berbagi pengalaman saya tentang perbaikan mesin cuci oleh Sanyo

    beberapa minggu yg lalu mesin cuci sy type ASW 85 SB mengalami error.

    Berdasarkan info dari sdr/i lie maryo, sy coba akses situs http://www.sanyo-sales.co.id, ternyata sekarang Sanyo sudah dibeli oleh Haier, jk sudah masuk di web tsb, kemudian akses menu “Layanan Perbaikan dan Bantuan” di bagian menu bawah ada ID hotline, akses link ini. anda akan diminta untuk mengisi data anda dan complainya,

    alhamdulillah, saya input data pada 14 Juli 2014, pada 15 Juli bagian CS menelpon sy untuk konfirmasi dan akhirnya tgl 16 Juli ada Teknisi yg datang ke rumah,sekaligus bawa sparepartnya, setelah di periksa kemudian analisa nya ada bagian yg harus diganti, sy minta ganti langsung, hasilnya sekarang mesin cucinya berfungsi lagi.

    Terima kasih

  33. Waduh… Padahal sanyo dulu brand yg cukup top.Untungnya sih saya gak pake produk saya. Harusnya pemerintah punya badan pengawasan begini. Terutama badan pengawasan Purna jual. Biar org buka pabrik disini gak asal2an. Jangan salahin bangsa Indonesianya , Bro. Banyak org indonesia yg usaha juga memnberikan pelayan yang baik. Jadi itu mahj tergantung managementnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>