Penukaran Botol Aqua Galon yang Merugikan Konsumen

Sudah 1 tahun ini saya tidak lagi berlangganan Aqua galon padahal sebelumnya saya adalah pelanggan setia selama bertahun-tahun. Penyebabnya adalah akhir-akhir ini penukaran galon Aqua selalu menimbulkan mimpi buruk.

Pengalaman pertama dulu sekitar 3 tahun lalu saat akan menukarkan galon di sebuah toko oleh pemilik toko dinyatakan kalau galon saya cacat. Setelah saya teliti saya tidak menemukan adanya cacat di galon saya. Kemudian saya tukar di toko lain dan ternyata tidak ada masalah.

Yang kedua saat saya menukarkan galon di sebuah supermarket sekitar 1 tahun lalu. Oleh petugas supermarket saya disarankan untuk mengecek galon yang akan saya beli apakah cacat atau tidak. Dia mengeluhkan jika belakangan ini pihak Aqua semakin memperketat galon-galon yang mereka terima.
Kebetulan saat itu truk pengangkut galon baru saja meninggalkan supermarket itu. Hampir 1/2 jam saya menghabiskan waktu buat mencari galon yang benar-benar OK alias tidak ada cacat sedikit pun. Jadi di antara beratus-ratus galon itu hanya beberapa biji saja yang tidak cacat.
Yang saya herankan padahal semua galon itu baru saja turun dari truk pengangkut Aqua sendiri. Berarti sebenarnya dari pihak Aqua sendiri sudah banyak memberikan galon yang cacat ke konsumen. Ini jelas-jelas merugikan konsumen.

Yang ketiga saat itu menjelang lebaran dan galon Aqua sedang langka. Setelah mencari kesana kemari kebetulan saat itu hanya ada 1 buah di sebuah toko. Karena sedang butuh saya beli tapi beberapa hari kemudian pas saya tukar di sebuah mini market oleh petugasnya dikatakan jika galon saya cacat. Ya sudah akhirnya sejak saat itu saya jadi trauma membeli galon Aqua jika sistem penukarannya seperti ini dan saya memutuskan untuk tidak berlangganan Aqua galon lagi.

Pernah juga saya melihat selebaran yang ditempel di sebuah toko tentang kriteria galon yang cacat. Saya jadi heran apakah semua konsumen atau reseller memiliki kemampuan quality inspection galon semacam itu? Di situ terpampang banyak sekali kriteria galon yang dianggap cacat.

Belum lagi gambarnya kecil-kecil sehingga saya juga tidak bisa melihatnya begitu jelas. Saya kira ini adalah strategi jitu PT Aqua buat mengurangi jumlah pelanggannya dan memang sangat efektif. Saya yakin masih banyak konsumen Aqua galon lain yang bernasib seperti saya. Terima kasih banyak buat PT Aqua yang sudah kehilangan seorang pelanggannya.

Sudiro
Keputih Tambak IIA/10
Surabaya

4 thoughts on “Penukaran Botol Aqua Galon yang Merugikan Konsumen

  1. Berita ini hanya rekayasa,anda mencoba menipu konsumen lain dgn mrmberikan dogma dogma yg sebenarnya tidak mungkin,coba anda semua berfikir rasional,apakah dlm 1 truk pengangkutan aqua,semua berisi botol cacat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>