Sangobion Bahaya? Surat Pembaca Kompas 25062008

by Konsumen on June 29, 2008 · 20 comments

Kepada Yth,

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM)
Dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS, M.Kes.,Sp.K
Kantor Badan POM Jakarta

Kandungan utama dalam Sangobion adalah Ferrous Gluconate 2 hydrate, dan baru-baru ini PT. Merck Tbk mengganti supplier mereka dari supplier Jerman menjadi Supplier Asia untuk bahan kimia ini dengan alasan harga yang lebih murah.

Penghematan yang didapat Merck dari penggantian ini sangat banyak, kemungkinan mencapai 1 milyar Rupiah per tahun. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah dengan pergantian dari perusahaan Jerman yang memiliki reputasi dengan sebuah supplier dari India atau Cina dapat memastikan spesifikasi produk dan
keselamatan konsumen yang sama?

Terlampir adalah surat dari 2 orang konsumen independen yang mengajukan komplain mengenai timbulnya bercak hitam pada gigi anak mereka setelah mengkonsumsi Sangobion. Mungkinkah penyebabnya Sangobion, kemungkinan karena adanya kontaminasi dari kandungan utama Sangobion itu sendiri. Sangat memungkinkan.

Kasus mengenai kontaminasi dari hati yang tercemar (tainted heparin) dari Cina menunjukkan betapa seriusnya masalah yang ditimbulkan oleh kontaminasi. Di Amerika 4 orang meninggal dunia dan lebih dari 350 orang mendapatkan reaksi alergi yang diakibatkan oleh hati yang tercemar yang dijual oleh supplier dari Cina (Asian Wallstreet Journal, halaman 1, 22 Februari 2008). Walaupun telah dilakukan tindakan pengamanan, bahkan Badan POM Amerika (American FDA) mengalami kesulitan dalam memastikan kualitas bahan baku yang berasal dari negara-negara seperti Cina, dikarenakan sulit untuk mengaudit mereka.

Yang lebih menarik lagi dari kasus Sangobion adalah pada Laporan Tahunan Merck Jerman tahun 2007 telah dilaporkan tentang adanya masalah persediaan Sangobion di Indonesia yang memberikan pengaruh negatif pada bisnis Sangobion di tahun 2007 (Merck KgaA, Jerman, Annual Report, halaman 52). Apakah bercak hitam yang timbul pada gigi anak Indonesia ada hubungannya dengan masalah tersebut, dan apakah mereka kemudian menjadi “bercak hitam” bagi Merck Tbk?

Orang hanya bisa berharap demi kepentingan kesehatan konsumen, akan ada yang melakukan investigasi menyeluruh dan netral untuk mengklarifikasi hal ini, misalnya saja dari Badan POM. Seperti surat yang terlihat, sepertinya Merck sendiri tidak bersedia ataupun tertarik untuk memberikan komentar mengenai
kasus-kasus ini…

Rudy Tanjung

DrRudy_M_Buka@hotmail.com

{ 20 comments… read them below or add one }

1 maimunah October 24, 2008 at 10:12 am

saya salah satu pengonsumsi sangobion pemambah darah…karena kebetulan saya tggl ditaiwan jadi kami sam sekali tidak tau atas isu yang beredar atas sangobion tersebut…..tadi kasi dong info yang tepat bat kami..seandainya tidak boleh dikonsumsi hentikan peredaran nya!!!!!!!!!!!!!!!

Reply

2 Ichsan H. May 23, 2009 at 12:48 am

Istri saya adalah pemakai rutin merk Sangobion untuk suplemen penambah darah pada saat dia sedang mendapat haid. Sampai dengan saat ini saya tidak melihat adanya perubahan (bercak hitam) pada giginya, jadi saya / istri masih percaya pada keamanan produk tersebut, apalagi produsennya adalah sebuah perusahaan yang cukup terkemuka dari Jerman. Kalau memang benar demikian akibat yang ditimbulkan, tentunya harus ada penjelasan dari produsen sebelum jatuh korban. Memang susah juga kita hidup di negara yang belum terbudayakan social corporate responsibility nya dengan baik.

Reply

3 Yogi Ardyansih June 28, 2009 at 12:55 pm

Alhamdulillah.. selama sayaa mngonsumsi sangobion.. g’ ada dampak ngatif yg saya rasakan…

Reply

4 prihadi estu July 30, 2009 at 11:27 pm

udah 8 tahun lebih saya dan keluaga pake sangobion
ga ada masalah tuch,…
apalagi setelah saya cek di internet PT merck sang produsen mrp perush farmasi tertua di dunia
karena saya percaya produkoriginal seperti sangobion, Neurobion, Voltaren dan Ponstan serta panadol dan bisolvondan sekeluarga juga begitu meski lbh mahal dibanding buatan dalam negeri he he he
tapi ga pernah ada keluhan selama ini,..

Reply

5 Karinak August 3, 2009 at 10:26 pm

Saya adalah juga termasuk salah satu orang yang mengkonsumsi Sangobion pada saat haid. Terima kasih banyak atas informasi ini, mohon badan POM diteliti kembali produk ini. Apabila ternyata didalam kandungan produk ini terdapat kandungan yang berbahaya mohon agar segera ditindaklanjuti…karena akan merugikan banyak orang yang mengkonsumsi produk tersebut.

Reply

6 Alena August 20, 2009 at 8:16 pm

Apakah ibu menyusui boleh mengkonsumsi sangobion

Reply

7 Ardy November 5, 2009 at 2:01 am

Salam knal…saya mau tanya ,hampir tiap malam sya bergadang…apa kah sya akan menderita penyakit anemia..tpi setiap kali saya bergadang,saya selalu konsumsi sangobion,apa kah ini akan mengurangi gejala anemia..tolong jawbn a..terima kasih.

Reply

8 hadi November 5, 2009 at 5:50 pm

Isteri saya lagi haid , kepalanya pusing. Saya pikir dia kekurangan darah , maka saya belikan Sangobion Capsule. Setelah dikonsumsi ternyata perut isteri saya jadi mual-mual pengin muntah . Apakah ini efek samping dari Sangobion ? Selama ini isteri saya kalau lagi haid belum pernah mengkonsumsi Sangobion. Mohon penjelasan dari pihak yang berkompeten , terima kasih.

Reply

9 Susiana May 22, 2010 at 7:03 pm

Wanita hamil memang suka mengalami yang namanya mual-mual (baik dengan konsumsi suplemen atau pun tidak). Kemungkinan timbulnya setelah konsumsi Sangobion mungkin adalah kebetulan.

Malah yang saya tahu, Sangobion justru baik untuk wanita hamil karena kasus anemia banyak terjadi pada wanita hamil. Selain itu setahu saya Sangobion ada asam folatnya yang baik untuk janin di kandungan.l

Reply

10 as.arie gayo January 10, 2011 at 3:05 pm

Yth,Pimpinan Redaksi harian KOMPAS,
saya ingin menulis surat pembaca,apa syarat dan bagaimana caranya
mohon bantuan nya
terimakasih
asariegayo

Reply

11 ismi March 2, 2011 at 10:48 am

saya kan kena penyakkit magh…lah saya sering lemas dalam beraktifitas..pakah saya boleh minum sangobion..sedangkan saya sakit magh…trimakasih

Reply

12 intan April 8, 2011 at 10:04 am

kl konsumsi suplemen zat besi biasanya mmg terasa mual & muntah,krn mmg itu ef samping yg umum tjadi stlh mengkonsumsi zat besi,cr mengatasinya sblm mengkonsumsi zat besi diusahakan perut tdk kosong..

Reply

13 Pipit July 15, 2011 at 10:42 am

Baru saja saya maw membeli sangobion, tp saya cari info dulu di internet, tolong infonya donk selain sangobion obat untuk anemia apa ??

Reply

14 Myra September 18, 2011 at 9:52 pm

Bwt mba Pipit, saya pernah kena anemia dengan Hb 6,5 , lalu selain konsumsi sangobion tiap hari, saya juga konsumsi Organic Mollases Unsulphured , dan makan buah bit dan kurma, alhamdulillah dalam waktu satu bulan aja Hb saya jadi 10,3.

Reply

15 intan November 21, 2011 at 6:45 pm

saya trmasuk salah satu org yg sering mengkonsumsi sangobion saat haid ,
tp sampai saat ini saya tdk ada tnda2 sprti itu !!!!
tolong yaa info nya yg sdikit riil donk !!!!!!

Reply

16 aminatuz zuhriyah January 24, 2012 at 9:07 pm

selama saya menggunakan tidak ada efek samping alhamdulillah………..

Reply

17 susanto February 5, 2012 at 3:21 pm

Saya mau tanya,apakah berbahaya kalau mengkonsumsi sangobion setia hari? T

Reply

18 Nael February 11, 2012 at 3:35 pm

Saya baru mau beli produk sangobion, sy searching di google keburukan/ komplain terhadap produk ini,sampailah saya berkunjung dihalaman ini,
Yg sy curigai adalah informasi yg disampaikan kepada penulis ini tidak ada referensi yg membuat sy percaya, sebalikny kalau saya cermati tulisan ini dipublikasikan agar masyarakat bimbang dengan isu seperti ini,.. Bagaimana menurut anda2 yg membaca tulisan diatas?

Reply

19 silvi June 4, 2012 at 3:58 pm

saya lagi hamil 7 bulan dan sangat kekurangan darah, saya di anjurkan dokter untuk minum penambah darah, sekarang saya mengkonsumsi sangobion apakah itu berbahaya?

Reply

20 daning July 17, 2012 at 10:00 pm

saya lagi hamil, jadi bingung nih, minum apa ya utk menambah darah?

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: