Taktik First Media Menipu Konsumen

by Konsumen on September 19, 2009 · 22 comments

Saya adalah seorang pelanggan Home Cable dan internet First Media dengan nomor pelanggan 600055.

Awal mula pasang Home Cable 66, saya masih bisa menikmati seluruh channel yang disediakan sampai suatu waktu tiba-tiba hampir 75% channel mati dan tidak dapat diakses. Saya telepon ke Customer Service dan dijelaskan bahwa awal mula pasang saya mendapatkan fasilitas promo yakni semua channel dibuka dan sekarang waktu promonya sudah lewat makanya channel-chanel yang tidak termasuk ke dalam paket saya dimatikan.

Sejauh itu saya mengerti dan menerima penjelasan yang diberikan oleh customer service tersebut. Tapi menjelang beberapa hari kemudian, ternyata channel yang lainnya masih dimatikan lagi satu per satu secara perlahan – lahan. Setiap hari ada saja yang dimatikan. Begitupun saya hanya menerima saja keadaannya karena berpatokan dari penjelasan si customer service sebelumnya. Setelah itu memang tidak ada lagi channel yang dimatikan dan semuanya berjalan seperti biasa saja.

Sampai dengan hari ini, tiba – tiba channel – channel yang masuk ke dalam paket saya menghilang lagi sekitar 5 channel. Saya berusaha menelepon customer service tapi tetap saja tidak tembus – tembus dan sekarang saya sudah malas menelepon makanya saya menulis ini biar khalayak ramai tahu bagaimana bobrok dan plin plannya management First Media yang tidak lebih dari perusahaan penipu.

Belum lagi cerita tentang fastnetnya. Saya juga diuber – uber secara tidak sopan dari marketing untuk memasang internet mereka sampai – sampai jam 10 malam pun teknisinya bisa datang dan dengan segala cara seperti penipu dan perampok memaksa saya untuk memasang internet. Karena merasa kasihan akhirnya saya pasang saja internetnya paket 384.

Seperti biasa, awal mula selama seminggu internetnya berjalan baik – baik saja dan cukup cepat. Tetapi minggu kedua, segala sesuatu berubah dan jaringan internet First Media terus mengalami gangguan bahkan pernah sampai seminggu tidak jalan – jalan. Setelah jalan itupun speednya tidak secepat dulu lagi.

Apakah ini semua taktik mereka untuk menipu para pelanggan supaya pelanggan memasang paket yang lebih tinggi lagi? Padahal sebenarnya paket – paket yang ditawarkan oleh First Media juga tidak murah kalau dinilai dari cara penipuan seperti begini.

Apalagi seluruh staf dan customer service First Media tidak sopan sekali menangani customer. Ternyata hanya sebatas begitu saja pendidikan orang – orangnya dan bahkan managementnya pun tidak becus menarik pelanggan.

Hati – hati saja terhadap First Media!

Antony Liu
Komp. Duta Garden Blok J5/8
Tangerang – Banten
021-5400156

{ 22 comments… read them below or add one }

1 Stefanus Manurung October 5, 2009 at 3:48 pm

Dear Pak Anthony,sebenarnya saya juga mengalami yang bapak alami tapi bedanya saya tidak dengan perusahaan first media tetapi dengan perusahaan lain.menurut saya pak kita biarkan saja mereka begitu toh juga namanya mereka ingin menjual pasti merayu bisa dibilang bohong secara tidak langsung,seperti mengatakan ada padahal tidak ada dgn alasan promosi,tetapi kenapa itu tidak diberitahu kepada Bpk dari awal? tapi jika menjual tidak dengan begitu,mereka tidak ada penjualan pak dan mereka (marketingnya) mungkin butuh makan atau ada keperluan keluarganya yg sakit misalnya atau yg lain yg tidak kita tahu sehingga mereka harus mencapai target penjualan.tapi kalau ada masalah mereka pasti tidak mau tanggung karena sifat dasar manusia memang begitu.daripada Bapak kesal jadikan saja itu amal ibadah Bpk dengan mengikhlaskan anggap itu buat membeli susu anak mereka,pasti Tuhan kasi rejeki yang lebih banyak lagi.dan dalam bisnis biasanya jika metode marketing seperti kasus Bpk perusahaan itu pasti tidak akan bertahan lama,kecuali mereka mau meruabah pelayanan mereka.mungkin itu saja tanggapan saya pak berdasarkan pengalaman saya juga yg sudah di tipu juga dan sama seperti Bapak emosi juga namanya kita manusia Pak.tetapi
kita ambil positifnya saja Pak..salam.

Reply

2 gina November 12, 2009 at 8:50 am

halah orang yes tv lebih parah lagi semua chanel gak bisa di akses nih dah 4 hari,dah gt gk nyambung custemer servicenya,dah rugi buang pulsa.taktik kali biar untung.

Reply

3 Korban Kel. Riady November 13, 2009 at 12:23 pm

Komentar dihapus oleh redaksi karena tidak sesuai dengan Persyaratan dan Kondisi.

Reply

4 harboot January 20, 2010 at 3:16 pm

ya emank begitu taktif firstmedia,, menurunkan kecepatan,, lalu pas kita protes disarankan naikkan paket,,

saya harus rajin2 nelpon mereka supaya kecepatan gak menurun,,

klo pengguna first media adem ayem aja dirumah, maka bisa dipastikan inet-nya lemoot,, makanya ayo bergegas,, telpon mereka minimal 1 bulan 2x,,

saran doank lhoo,,

Reply

5 Chaidir February 20, 2012 at 10:10 am

ID811840;MEMANG BENAR PELAYANNYA SANGAT JELEK
modem port lan rusak dari Januari 2012: bisanya hanya minta di RESTAR

Reply

6 Techteller August 16, 2010 at 11:36 am

trimakasih infonya..sangat membantu..tadinya saya mau langganan..tapi sekarang mikir lagi..

Reply

7 Christo September 14, 2010 at 7:43 am

mengenai home cable, saya juga mengalami pengalaman yang serupa. open all channel selama 1 bulan dijadikan harga mati pelunasan kewajiban. mengenai fastnet, begitulah kalau fastnet first media juga masih me too dalam slogan “up to”. moga akan berubah. semoga.

Reply

8 norain September 15, 2010 at 5:43 pm

hehehe nice om.. sy juga pengguna first media.. sejauh ini fine2 aja n ga lemot kecuali kmarin gw Download 1 game size 5GB an.. abs itu kelar uda de koneksi lemot mode ON.. tp pas gw tlp ke first media ny minta di refresh aja internet nya. da itu beres dah.. taktik tlp ke first media : pura2 tau knp internet nya lemot.ckp minta di refresh aja da pst bisa.. or paling cabut kabel modem.. (kl mslh lemot doank. kl rsk modem or pc ga tau :p) Nah kl soal tv cable gt.. sebulan isa ampe 4x mrk tlp tawarin cm gw ksh alasan aja uda pasang cm beda produsen nya :p. krn sy tau channel nya ga jauh beda ma produsen yg lain. n lbh mrh cm sekitar 49rb/bln :p

Reply

9 flatboy January 26, 2012 at 10:37 am

Sma gan, ane jg prnh tu download pilem ampe 5GB lbh :p
eh abs itu lmot dh, tlpn k firstmedianya blg lelet bngt d bilang pake 2 kmptr y pak? saya blg iya, y udh 1 kmptr saya pake, udh deh cpt lagi, tp bsk” saya pake 2 kmptr lg, yg pnting jgn download” dlu yg bsr” gk ada mslh…
lancar baek…

jd ksmpulan gw sh lemot klo kta dh download ampe 5GBan…

Reply

10 haritz hysteria December 29, 2010 at 3:11 pm

iya nih..
saya juga sama..
pertamanya mah keren banged speed.a
tp lama” jd lemot..
udah gitu kadang ngedrop..
saya main game online terputus dari server terus..
donlod lagu jg lama –a

Reply

11 Zhang January 5, 2011 at 6:11 pm

Satu hal yang saya ketahui dari sharing sama teman2 yang memakai FM adalah: misalnya semakin banyak orang yang pake FM di daerahnya, makin lemotlah jaringannya…. seperti di daerah rumah saya pas awal – awal cm beberapa rumah yang ada sambungan cable netnya FM lancar abis, tapi belakangan hampir semua rumah ada sambungan cablenya FM (keliatan lintasan cable jaringan di jalan), mulai sering ngadat, terutama malam hari dan saat hari libur dimana banyak orang memakai jaringan…

dan belakangan… makin lama tagihan makin naik… jadinya saya sedang mempertimbangkan ISP lainnya yang lebih ekonomis. :)

Reply

12 agus February 16, 2011 at 3:15 pm

saya selaku surpeyor kopana merasa dirugikan oleh cabang bandung4.
dikarnakan tidak adil….
masa angota baru dan yg lama di bedakan…
sehubung saya ijin kerja di karnakan sakit begitu juga dgn ada nya ijin.
sy hanya minta kasbon 200rb aja gak dikasihhh.
sedang kan yg baru dukasih tampa alasan yg jelas….
saya merasa di rugikann lagian gaji g seberapa,,
kerja nya hanya menipu orang tuk membeli legulator,,,
sedangkan asuransi jg sy perhatikan tidak ada hanya tuk mengimi2 saja konsumen..
dalam artian kopana adalah,,,,
(KOPANA) koprasi penipu sadayana,,,

Reply

13 jensen July 26, 2012 at 12:02 pm

goblok lu, ga nyambung komentare

Reply

14 badut March 10, 2011 at 9:37 pm

Iya bener sekali sy jg diperlakukan oleh first media spt itu,skrg beberapa tv lokal jg dihilangkan,sy jg lg mencari provider lain yg lbh mantap dlm segala hal

Reply

15 Yonas June 20, 2011 at 12:46 pm

Sy ingin berlangganan first media atau yestv jd mikir2 lagi, sebelumnya sy pakai indovision.
Ada saran lebih baik yang mana?

Reply

16 flatboy January 26, 2012 at 10:42 am

tergantung gan, mkin murah biaya per bulan y mkin dkit chanel yg kta dpt…
yestv pling murah y tp chanelnya sdkit, tp klo chanel” trsbut sdh memuaskan agan y mnding plih yesTV…

Yg pling mhal y Indovision, y krna chanelnya bnyk…
tp bgi saya biar bnyk gk bgtu bgus” jg acr”nya…

mnding ane perbulan paketan HBO dh…
bnyk film” mntep…

sran ane pke yesTV yg pketan standar yg ada chanel” lokal aja, terus tmbh dgn paket Movie”nya, kyk HBO, Star Movie, MAX, dll.
Y biayanya pling ampir sma kyk pake Indovision…

Reply

17 John Maxwell January 13, 2012 at 1:44 pm

@yonas: saya rasa kebanyakan provider berprinsip utama meningkatkan customer base mereka. Berangkat dari prinsip ini, para telemarketer bermulut paling manis, sementara customer service paling lihai bersilat lidah. Sayangnya mereka kurang menaruh perhatian yang setimpal terhadap customer retention #maapradacincahlaura.
Pendapat saya masih belum ada provider yg yang prinsip utamanya adlh customer satisfaction. Jadi gimana dong? Kalo ndak puas, saya sih bilang ke providernya aja, mbak hubungan kita berakhir disini saja yah. Saya mau cari pacar, eh.. provider baru.
Kalau ternyata provider tsb peduli dan bertanya “hm… apa keluhannya pak?” baru kita coba baikan lagi. Kalau tidak, ya saya juga sudah siap mencoba provider2 lain di daftar yg sudah saya siapkan… yah welcome to jakarta lah.

Reply

18 jerry February 23, 2012 at 9:48 pm

iya saya jg mengalami hal yg serupa. pas promosi aja kata2nya manis kesini sininya pahit!
akhirnya gua putus aja. mending pake modem usb broadband deh.

Reply

19 gunawan March 9, 2012 at 6:34 pm

@ yonas ,jangan jangan pakai first media , first media bagusnya awalnya saja.
nih saya jadi susah gara gara firsat media .
awal saya berlangganan adalah packet home cable 99 chanel dan fast net 564 kb
bayarnya saat itu beberapa tahun yg lalu 99 ribu plus 150 ribu denganpajak dlsbg kira kira sekitar 250 ribuan,lama lama naik biaya langganannya hampi 300 ribuan
Tapi chanel tv cablenya sedikit sedikit dikurangi,dan saya ambil keputusan biar home cablenya jadi jadi 66 supaya bayarannya jadi turun lagi,saya tilphun mereka dan mereka bilang setuju.Anehnya lagi setelah turun jadi 66 chanel bulanannya jadi 3120 ribu , 340 ribu dan sekarang sudah 450 ribu,tv chanelnya juga dikurani lagi beberapa chanel,ahirnya chanel Tv cablenya 22 Tv Lucal 20 tv luar yg saya tidak suka tonton seperti Aljazera,xingkong ,tv australia.Saya biasa nonton discovery chanel ,sama dia dirubah harus pakai smartcard pokoknya sintinglah mereka.
Saya gusar saya mau berhenti home cablenya tapi biar internetnya ,katanya harus bayar 285 ribu,padahal kata mereka internet yg 1,5 mb itu 165.
jadi herankan kalau nonton home cable denganbiaya 285 ribu cuma dapat 22 chanel tv lokal dan 20 tv luar .
Pdahal Tv lokal kalau pakai antena yg ada boosternya dan pakai rotator (seharga 180 ribu ) sudah bagus sdekali gambarnya dan chanelnya 26 chanel
ada elshinta dan tv banten serta beberapa tv lokal lainnya.
Akhirnya saya telepon mereka kembali saya tidak mau pakai frstmedia dan mereka berbelit belit dipingpong sana sini dan dibujuk untuk pakai first media yg langganannya 285 ribu ,hah yg bayar 450 ribu juga dibohongin apalagi yg 285 ribu.
Saya tetap bersikeras memutus fitrst media dan fastnet nya , katanya okey nanti diputus setelah bayar pada tanggal 15 bulan ini.
Kembali ke awal langganan, saat dipasang mesti bayar dulu home cable dan fastnetnya plus beli modem internet 500 ribu.
Lah kelihatannya mereka seenak udelnya saja,dan sya teriak sama mereka saya tidak mau bayar lagi.

Reply

20 isal July 13, 2012 at 1:45 pm

bagus mas g usah di bayar aja,seenaknya mereka merubah tanpa ada PEMBERITAHUAN dulu..

Reply

21 isal July 13, 2012 at 1:40 pm

saya juga di tipu sm FM,dulu pertengahan 2011 saya berlangganan tv + internet seharga 283.000,mula2 lancar aja,tapi setelah itu banyak chanel yg ilang,saya tlp cs nya katanya tu promosi dah abis,tp kok g ada PEMBERITAHUAN nya..
abis tu tgl 1 november saya pindah rumah dan seminggu sebelumnya saya tlp ke cs nya,katanya 2 minggu lg di pasang,tp dah pertengahan desember g di pasang jg,akhirnya br dipasang akhir desember pas mau thn baru,trs saya disuruh membayar tagihan bulan desember dan saya menolak krna bukan salah saya knp telat pasang nya,akhirnya sampai pertengahan 2012 koneksi tv dan internet mati total tanpa ada PEMBERITAHUAN lagi,saya tlp cs nya ktnya sedang ada perbaikan trs g lama idup cm 2 jam abis tu mati lagi,saya pikir masih dalam perbaikan jg,g lama setelah itu dtng penagih krmh saya kaget melihat bill nya sampai Rp 1.411.000,saya komplain kok sebesar ini,dia jwb enaknya aja ” iya listrik aj aj abudemen nya klo g di pake tetep jln tarifnya”..
saya lihat di email trnyta bill bln desember berbunga makin besar,dan sampai bulan juli ini masih trs di kirimin bill nya yg berjumlah Rp 1,7jt…
pdhl dah di putus dr kpn tau msh jg bill bln juli dtng jg..
seenaknya mereka mainin saya,ya saya mainin jg dong,3 hri lg saya pindah rumah,dan tanpa PEMBERITAHUAN juga dong tentunya…

Reply

22 bagas February 5, 2014 at 2:24 pm

ane baru langganan fm paket 180 ribu sebulan plus internet 1 mb mulai dari sabtu tgl 1 febuari 2014…..3 hari pertama full chanel padahal promonya 1 bulan full chanell ..pas hari 4 mulai deh chanell yg bagus di blok ..(cepat amat di bloknya)..terus internet modem ngga online tgl 3 febuari….baru bisa online tengah malamnya..

jadi ragu nih sama pelayanan fm….mudah2an pihak fm mau berubah lebih care sama konsumennya

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: