Trik XL dalam Mencari Keuntungan

Saya adalah pelanggan setia XL sejak 6 atau 7 tahun lalu dan tidak pernah mengganti kartu sejak periode tersebut sampai sekarang, bahkan saya menggunakan Isi Ulang Xtra yang notabene merupakan layanan Gratis SMS sesama XL dengan mengisi Rp 100 ribu setiap bulannya. Saya menulis surat ini sebagai bentuk titik puncak akumulasi kekecewaan saya atas kinerja dan trik kotor XL yang tidak profesional.

Awalnya adalah sejak setahun belakangan ini, bila ingin melakukan panggilan ataupun mengirim pesan singkat (SMS) dengan menggunakan XL, sangatlah sulit. SMS sering sekali failed, sedangkan untuk menelpon minimal harus mencoba 5-10 kali (bahkan di atas 15 kali bila di atas jam 10 malam). Ternyata hal ini juga dialami oleh seluruh pelanggan XL yang lain (kolega dan teman-teman saya), maka saya pun berusaha untuk memakluminya. Mengenai hal ini, saya pun pernah menanyakan ke customer service 817 (yang memerlukan waktu minimal 15 menit menunggu tersambung dan dipungut biaya pula), namun hanya janji-janji palsu dan tidak ada hasilnya.

Kejadian berikutnya adalah saat saya ingin mengikuti undian XL Poin (melalui *555#) pada periode ketiga lalu. Melalui promo-promonya, dinyatakan bahwa terdapat hadiah 1 Milyar, Toyota Rush, Nokia E90, dll. Saya agak ragu apabila hadiah tersebut tersedia untuk setiap periodenya. Untuk itu, saya memastikan dengan cara menanyakan ke Customer Service pada bulan April 2008, dan dijawab bahwa memang betul seluruh hadiah tersedia pada masing-masing periode, termasuk 1 Milyar. Mendengar hal itu, saya pun percaya dan sekitar bulan Mei 2008, saya dan pacar saya menukarkan poin yang kami miliki (kami masing-masing memiliki poin sekitar 1200, saya tidak ingat persisnya), hampir sebagian besar ditukar untuk 1 Milyar, dan sisanya ditukarkan untuk hadiah undian lainnya. Namun betapa kecewanya kami karena ternyata pada bulan Juli 2008, hadiah yang diundi ternyata tidak ada 1 Milyar. Hadiah 1 Milyar itu hanya berlaku untuk periode keempat. Jadi hilang kemana ribuan poin yang kami tukarkan itu? Hangus begitu sajakah? Mengapa Customer Service bisa memberikan informasi yang salah seperti itu? Namun, kejadian inipun kami biarkan saja, karena capai berurusan dengan Customer Service yang ujung-ujungnya tidak akan membantu apa-apa.

Dan kejadian terakhir terjadi pada tanggal 6 September 2008, di mana saya mengganti layanan promo “TENTUKAN TARIF MURAH XL SEMAUMU” dengan *878# untuk berganti promo dari “Telepon Sampai Puas” menjadi “Telepon Semaumu”. Saya mengganti ini dengan SUDAH SANGAT MENCERMATI SEMUA ATURAN yang tertulis di media massa, website, atapun melalui *878# tersebut. Pada promo-promo tersebut, yang tertulis adalah berlaku untuk SELURUH PELANGGAN XL PRA BAYAR. Tidak ada satu kalimat pun yang menyatakan bahwa ini tidak berlaku untuk pelanggan Isi Ulang Xtra dan hanya berlaku pada Isi Ulang Reguler. Oleh karena itu, saya pun tanpa ragu mengganti melalui *878# tersebut. Keesokan harinya, masalah mulai timbul karena pada saat saya mengirim SMS ke rekan saya yang menggunakan XL, pulsa saya ternyata terpotong. Saya pun kaget dan mulai berpikir bahwa ini ada hubungannya dengan penggantian promo yang saya lakukan kemarin itu. Pada sekitar pukul 13.00, saya menelpon Customer Service (yang lagi-lagi harus menunggu 15 menit), dan menanyakan mengenai hal ini. Si operator dengan mudahnya menjawab bahwa memang jika Isi Ulang Xtra menggunakan promo Telepon Semaumu ataupun SMS Semaumu, maka Gratis SMS akan hilang begitu saja. Saya bersikeras bahwa tidak ada satu aturan pun yang menyatakan mengenai hal ini di media massa, di website, maupun di layanan *878# tersebut, jadi saya meminta untuk dikembalikan saja menjadi seperti semula, karena ini seharusnya bukanlah kesalahan saya sebagai customer, melainkan kelalaian (ataupun kesengajaan) XL. Namun operator tersebut tetap menyatakan tidak bisa. Solusi yang ia tawarkan adalah saya harus mengganti sendiri menjadi “Telepon Sampai Puas” (bayar Rp 1000), mengisi ulang Reguler dengan nilai berapapun (minimal Rp 5000), dan lalu mengisi ulang lagi Xtra (Rp 100 ribu), padahal saya baru saja mengisi ulang pada tanggal 2 September lalu. Bayangkan kerugian yang harus saya tanggung akibat kesalahan yang bukan tanggung jawab saya.

Terus terang saya sangat kecewa dengan XL yang mencari keuntungan dengan cara begini. Saya merasa dirugikan waktu, uang, dan tenaga.

Bagaimana tanggung jawab XL?

Muhammad Hartanto
kidd5_209@hotmail.com

40 thoughts on “Trik XL dalam Mencari Keuntungan

  1. Pak Muhammad Hartanto, saya mendapat konfirmasi dari XL bahwa XL sudah menghubungi bapak.

    Jika memang ada follow up dari XL dan permasalahannya sudah selesai, jika tidak keberatan mohon Pak Muh posting disini di Konsumen.org.

    Hal tersebut akan sangat berguna untuk konsumen lainnya.

    Terimakasih.

  2. Rasanya percuma saja protes ke customer service XL..
    Dengan berbagai dalih, mereka tetap saja tidak mau bertanggung jawab..
    ————————————————————-
    Berikut balasan email dari customer service XL tanggal 8 Sep 2008 jam 20:30:49:
    ————————————————————-
    Terima kasih telah menggunakan layanan XL. Sehubungan dengan keluha yang Bapak sampaikan melalui http://www.konsumen.org/trik-xl-dalam-mencari-keuntungan/, agar kami dapat membantu melakukan pengecekan dan memberikan informasi lebih lanjut, mohon konfirmasi nomor XL yang Bapak gunakan dan 19 digit angka yang tertera dibelakang kartu SIM.
    ————————————————————-
    Lalu saya membalas pada tanggal 10 September 2008 jam 18:11:
    ————————————————————-
    Nomor XL yang saya gunakan adalah 0818860***..
    19 digit angka di SIM Card: ******************-*

    Saya harap masalah saya dapat cepat dibantu untuk diselesaikan, karena terus terang menurut saya ini bukan kelalaian saya karena saya telah membaca aturan2 baik di media massa, website, maupun pada layanan *878# tersebut, dan TIDAK ADA SATU PUN yang memberitahukan bahwa Gratis SMS (Isi Ulang Xtra) akan hangus jika menggunakan layanan XL Semaumu.. Tidak mungkin donk saya harus mengisi ulang Xtra lagi dengan cara yang berbelit2 dan menguras uang saya, karena saya baru saja isi ulang awal bulan ini..

    Mohon tanggapannya dan di-reply ke alamat email ini dan juga ********.********@********.***, karena saya lebih sering mengecek email kantor..
    ————————————————————-
    Lalu dibalas lagi tanggal September 12, 2008 jam 6: 56 PM
    ————————————————————-
    Terima kasih atas konfirmasi Bapak. Mohon maaf apabila layanan kami saat ini belum memenuhi harapan Bapak. Sehubungan dengan keluhan Bapak, dapat kami sampaikan bahwa pelanggan bebas Xtra yang berpindah paket dari Program ”XL SEMAUMU” maka sisa benefit SMS gratis akan hilang. Perlu kami sampaikan juga bahwa bagi Pelanggan Xtra yang sudah pindah paket menjadi Nelpon atau SMS Semaumu, jika ingin kembali lagi menjadi Pelanggan Xtra tidak bisa langsung, tetapi harus pindah paket dulu menjadi bebas Regular, baru dapat melakukan isi ulang dengan voucher Xtra. Informasi perihal ketentuan program XL Semaumu yang tidak berlaku bagi pelanggan Xtra telah kami sampaikan pada website XL sebagai berikut:

    KETERANGAN:

    * Ganti tarif untuk pertama kalinya GRATIS, selanjutnya bayar Rp 1.000 untuk setiap ganti tarif.
    * Pengguna XL Prabayar yang sedang menikmati tarif “Nelpon SEMAUMU dan SMS SEMAUMU tidak dapat isi ulang dengan Isi Ulang Xtra.
    * Ke sesama XL: semua nomor yang berawalan 0817, 0818, 0819, 0859, 0878
    * Berlaku sesuai pemakaian normal pelanggan
    * Tarif Nelpon Semaumu berlaku otomatis bagi pengguna yang mengaktifkan kartu perdana XL Prabayar mulai tanggal 8 Agustus 2008 di seluruh area, KECUALI Pengguna XL Prabayar yang mengaktifkan Kartu Perdana dengan nomor area dibawah ini langsung dapat menikmati tarif SMS SEMAUMU:
    o Batam,
    o Balai Karimun
    o Aceh
    o Sigli
    o Meulaboh
    ————————————————————-
    Pertama, yang ingin saya sampaikan adalah bahwa keterangan tersebut (Pengguna XL Prabayar yang sedang menikmati tarif “Nelpon SEMAUMU dan SMS SEMAUMU tidak dapat isi ulang dengan Isi Ulang Xtra) tidak saya temukan pada saat saya mengunjungi website tersebut sebelumnya.. Saya tidak tahu apakah ini baru saja dipasang oleh XL di website mereka setelah kejadian, ataukah karena kelalaian saya yang tidak membaca keterangan tersebut karena “ditempatkan secara cantik” pada ujung paling bawah dengan tulisan kecil2..

    Kedua, anggaplah saya yang lalai, maka pelanggan2 lain pun akan tertipu karena keterangan tersebut sama sekali tidak dicantumkan pada media massa maupun keterangan pada *878# tersebut, jadi hanya mereka yang punya koneksi internet lah yang bisa mengetahui hal ini.. Itu pun jika mereka adalah pelanggan yang KRITIS dan RAJIN untuk membaca satu2 peraturan yang ada supaya tidak terjebak, dan juga memerlukan ketelitian yang luar biasa untuk menemukan keterangan tersebut..

    Ketiga, keterangan itu berbunyi ‘Pengguna XL Prabayar yang sedang menikmati tarif “Nelpon SEMAUMU dan SMS SEMAUMU tidak dapat isi ulang dengan Isi Ulang Xtra’, bukanlah berbunyi ‘Pengguna Isi Ulang Xtra akan kehilangan sisa SMS gratisnya (hangus) jika menggunakan Promo Semaumu tersebut’.. Dengan penggunaan kata ‘tidak dapat isi ulang’, artinya pengguna Isi Ulang Xtra tidak akan bisa mengganti ke promo tersebut atau seburuk2nya maka sudah selayaknya dan sewajarnyalah pelanggan akan mendapatkan warning terlebih dahulu bahwa SMS gratis akan hangus.. Tapi itu tidak saya dapatkan sama sekali.. Tidak perlulah saya menghitung berapa keuntungan XL dari hasil praktik kecurangan yang menjanjikan ini..

    Keempat adalah bahwa keluhan saya tentang poin undian yang hangus atas pemilihan hadiah yang tidak ada (1 Milyar) tidak dijawab sama sekali..

    Terakhir, setelah saya pikir2, rasanya akan percuma saja saya memperpanjang masalah ini.. Bagi mereka, apa ruginya sih kehilangan satu pelanggan? Biar kalian semua pembaca yang menyimpulkan apa yang sebenarnya terjadi di sini.. Dan saya berharap uang haram yang mereka dapatkan akan digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan..

    Terima kasih..

  3. setuju,

    udah sering pulsa aja bisa hilang tiba tia pas dikompalin bisa 1-2 mgg baru balik, itupun kalo balik. hubungantelpon sering di putus,,,

  4. iya nih xl payah banget. gw serasa ditipu deh. gara2 waktu itu gw ganti tarif dan gak sadar kalo sms di charge spt biasa, dalam 1 hari gw abis 40ribu. kayanya abis ini gw mo ganti axis aja deh. lebih pasti. gak ribet kaya xl

  5. XL……..
    Kok Kamu gitu seh…..
    Jahat Banget…..
    Jujur ya….
    Kamu tuh ribet banget..
    eh.. malah kelibet-libet…
    Biasa aj Kaliee…XL
    Jangan bikin orang keder

  6. Sama!! Saya juga pemakai XL. Melalui *878# saya sudah mengganti dengan pilihan paket sms semaumu, sudah dinyatakan aktif dengan sms konfirmasi dari XL, tapi tebak apa yang terjadi kemudian, setiap sms malah tetap kena 350 perak ke sesama XL, aneh bin ajaib, ke sesamanya aja mahal! Apalagi ke operator lain… Mampus aja XL!!!!!

  7. Dear P Muhammad Harto,
    saya juga mengalami hal yg sama persis, tepatnya pada saat saya mengikuti promo “TENTUKAN TARIF MURAH XL SEMAUMU” dengan *878# untuk berganti promo dari “Telepon Sampai Puas” menjadi “Telepon Semaumu”.
    saya juga baru menyadari pulsa saya semakin berkurang tiap kali sms.
    dan saya melakukan konfirmasi ke CS XL, namun untuk nyambung ke CS nya lama sekali, kira setelah 20 kali telepon baru tersambung.
    oleh CS dijelaskan bahwa memang kalau mengikuti promo “Telepon Semaumu”, maka tidak dapat menggunakan fasilitas gratis 100 sms, seperti layaknya yg harus di dapat jika menggunakan ISI ULANG EXTRA. dan jika saya ingin menonaktifkan fasilitas “Telepon Semaumu” maka saya harus pindah ke layanan ‘Sms semaumu’. Saya ngotot untuk ingin mengembalikan ke gratis 100 sms , dan CS menjawab dengan nada yg tinggi, kalau hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Sangat disayangkan, XL kurang memperhatikan pelanggan loyal nya seperti kami ini yg selalu menggunakan Isi ulang extra, tetapi malah mengedepankan mencari untung dengan membodohi pelanggannya. Saya harap XL segera membenahi kinerja dan service nya karena jika tidak maka lama kelamaan pelanggannya akan beralih ke operator lain yg lebih baik, apalagi sekarang service dan promo operator semakin beragam.

  8. Iya neh XL mulai sangat menyebalkan, biasa kalau kita telfon sampai 1 jam baru putus sekarang 30 menit sudah putus, dan lebih sering telfon sebentar putus2 melulu….

  9. Masa sih, kalo kita pilih 1 M di awal periode, di periode akhir gak di ikutin?
    Wah rugi poin beribu-ribu dong saya…………..
    Gak bisa gitu dong, kita milih 1 M kan karena tau itu bakal di undi akhir periode, masa di awal langsung dihangusin.
    Kita demo! Atau kita tuntut aja XL ke pengadilan kalo emang bener gitu.
    Culas banget kalo gitu…….. Tapi ngebuktiin kalau kita ikut ato gak ikut di undian akhir gimana caranya? Kan cuma XL aja yang tau ya?
    Ayo dong XL jawab. Dan Konsumen XL pada tanya semua ke XL dong, apalagi seperti kita-kita yang milih nukar poin di awal periode untuk 1 M.

  10. saya pelanggan pro xl…hanya ingin menyakan apakah post seperti yang kita isi sekarang ini akan ada tanggapan dari pihak XL?ataukah hanya akan jadi perdebatan lingkup kecil?Mohon tanggapan dari konsumen.org. terima kasih

  11. Pak Achmad, saya bisa bilang ini diskusi kecil dan tidak ada jaminan pihak perusahaan yang dikeluhkan konsumen nya akan menanggapi.

    Tetapi pada dasarnya, kami selalu menghubungi pihak perusahaan jika memang ada keluhan konsumen yang di posting disini.

    Selama ini, ada yang datang mengklarifikasi langsung, ada yang menghubungi langsung ke konsumen nya tanpa melalui website ini kembali, ada yang ramai-ramai kirim karyawannya untuk memberi komentar yang berlawanan; tergantung prosedur perusahaan masing-masing.

    Kami tidak bisa jamin hasilnya pak. Tapi selain usaha2 langsung diatas, artikel-artikel keluhan konsumen di konsumen.org, sejauh pengetahuan saya, semakin tinggi volume pencariannnya di mesin pencari Google walhasil semakin banyak pengunjung yang datang.

    Meski mungkin berperan kecil, mudah-mudahan dapat membantu memecahkan masalah-masalah antara perusahaan dan konsumen nya.

  12. saya juga sangat kecewa dengan xplor…….

    xl bersaing tidak sehat…….

    dengan iming2 gratis saya di tipu oleh seorang petugas xplor yang menawari saya dengan iming2 hanya untuk uji coba…telepon murah….
    setelah saya sepakati untuk mengambil kartu tersebut beberapa hari kemudian tas saya ilang yang jadi semua nya ilang.
    dan saya sudah melaporkan untuk menutup nomor tersebut melalui email…

    yang membuat saya kecewa adalah saya disuruh bayar 80.000 untuk menutup nomor tersebut…..apakah layak saya untuk membayarnya?

    setiap bulan tagihan tersebut mengalir dan setiap kali saya menerima itu pun langsung saya buang ke tong sampah tagihan tersebut…..

    HATI2 XL ADALAH KOMUNITAS TUKANG MENIPU

  13. ganti aja ama provider lain…
    saya selama ini pake xl, ada sukanya ada dukanya, yg nyebelin kalo nelp setiap 21 menit atau 38 menit pasti mati… itu benar2 menyebalkan, jadi kalo nelpon sampe 3 jam harus berkali2 nelp-nya (tapi biasanya sekali telp langsung nyambung)… yg nyenengin, tarif relatif murah u/ GSM, ada Rp.0,- dari pkl 00.00…

    jadi, dari plus-minusnya, ternyata saya masih bisa pake XL, yaa saya pake truss… kalo udah ga bisa ditolerir, yaa mending ganti saja kan kalo memang dirasa ada yg lebih cocok… ;)

  14. XL gag banget deh yah. Untung saya pake telkomsel sekarang. Uda ga ribet. Biar agak mahal dikit, ga masalah lah. Yang penting pas dibutuhin gag ribet bet bet. SMS lancar, telp lancar, Blackberry services lancar. Pokoke ane fuass sekali sama telkomsel (simpati). Mantap banget dah.

  15. setuju….

    xl memang payah banget.. gw juga mengalami hal yang sama, malah waktu tlp ke customer service sblm ganti tarif, gw malah dibilangi klo sisa gratisan xtra g akan hilang… ternyata bohong besar…. pulsa gw kepotong gara2 sms sampe 60rb…. dan gw komplain lg ke xl nanum tanggapannya mengecewakan…. klo memang g jelas bikin promosi, y jng bikin promosi donk xl….. menyebalkan……..

  16. hm… sebenernya kalo kita liat xl sekarang sedang mengalami perubahan melalui persaingan yang (semoga) ke arah yang lebih baik.
    so jangan salahin xl bgt2 gt lah.. mereka pasti milih yang terbaik buat konsumen dalam persaingan dengan provider lain.
    bener kata goro “ada suka ada dukanya” barangkali kalo make kartu lain juga gt kok..
    intinya ada kelebihan dan ada juga kekurangannya kan….
    dan kalo menurut aku xl pelayanan dah bagus kok… ^_^
    cm itu aja yang masalah nelpon setiap 20 / 28 menit mati… kalo bisa di benerin.. supaya konsumen puas..
    dan program *878# hapus aja.. jadiin nelpon sampe puas / tarif reguler semua…
    and kalo bisa murahin lagi ya XL tarifnya kalo bisa ke semua operator … ciao all…

  17. Hallo XL. apa benar layanan Pemkot kota yogya bisa dibenarkan jika memohon kpd exelcomindo/XL untuk menginformasikan nama dan alamat pelanggan XL yang mengirimkan kritik dan saran untuk layanan publik di kota yogya tanpa konfirmasi kepada pemegang nomer XL ? dan apakah exelcomindo memberikan data dengan kastemer dg mudah? kalau memang benar bagaimana privacy dari pelangganmu? kalau peneror bom dsb silahkan….atau pemohonnya densus 88.kalau masalah korupsi dsb/sekedar informasi. tolong dijawab melalui forum ini saja.

  18. waktu itu saya baca, akan diundi lagih bulan MARET 2009, eh kok sekarang saya baca lagih jadi bulan JUNI 2009 ????? jadi mana yg benar nich?????

  19. saya juga rada kecewa ni, pak..
    padahal baru aja pindah dan pake xl..

    awak pindah paket dari paket sepuasnya (default) ke berkali-kali… trus dipotong seribu.. padahal itu pindah paket yg pertama kali sejak diaktifin (ada di aturan no.1 di list aturan pada web-nya).. cuma 1-2 menit stelah diaktifin..

    tapi emg kasus bpk lbih parah lagi.. awak izin fwd ke thread awak di kaskus ya..

    disini uneg2 lengkap awak di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1976965

  20. Saya pun pernah merasa dikecewakan oleh pihak XL dgn kasus yg sama. Mengapa sepertinya XL tidak pernah transparan dlm menjalankan promonya?
    Setiap kali menghubungi CS untuk meminta penjelasan, selalu jawabannya “Memang seperti itu.. kalau begini jd begitu, blablabla..” atau “Harusnya begini dulu baru begitu, blablabla..” ataupun “Hanya berlaku mulai sekian sampai sekian..”
    Kenapa harus ada peraturan “tersembunyi”? Kenapa tidak dilampirkan dengan jelas? Lama-lama saya merasa muak & membuang nomor XL saya. Tidak akan lagi saya mau jatuh di lubang yg sama.

  21. Percuma kLo pke xL….???
    bKin BuanG2 dana saH Booz..???
    Smua karTu Tuh sm..
    cmn Janji Janji dan Janji DoanK…
    mna BukTinya..???
    cmn ada di muLut aJh maH Smua orG Pde Bsa Tau G’…..:P

  22. Itu kan XL jaman dulu, belum tentu juga kan provider yang menawarkan tarif murah, akan sesempurna yang anda inginkan. Saya pelanggan XL sejak 3 tahun yang lalu. Saya rasa pelayananya sudah cukup memuaskan. Telpon ke sesama XL dari pukul 00.00-06.00 gratis. SMS Rp.150 kirim 8 langsung gratis 300(240 ke nomor XL, 60 ke operator lain). Belum kalau pake paket SMS, tarifnya hingga Rp.3/SMS. Biaya GPRSnya juga murah kalau pakai paket internet, bayar 400ribu dapat 2,5 GB. Yang paling murah seribu dapat 1 MB, sama dengan Rp 1/kB. Jadi ini saatnya kita kembali menggunakan kartu XL

  23. Nih teman2 ada sim xl yg bisa telp gratis pd siang hari ciri2 no nya sbb: 087828XXX… Yang bertuliskan XXX itu artinya 741 dan untuk 3 digit terakhirnya biasanya bebas yg penting nyari yg 087828741…, dan ada juga untuk yg grts malam hari sbb: 081947278 untuk 3 digit terakhir bebas. Selamat memburu no tsb.

  24. yang saya rasakan semua operator cara kerjanya sama.saya lebih dendam jika saya complain tapi CS nyolot.tp bwt sy xL sdh bawa HOKI…

  25. jadi peristiwa ini bikin pelanggan kartu SIM males nanggapin SMS dari operator yg katanya gratis ini itu langganan dulu terus segala macam kuis. saya peribadi belum pernah kena, krn saya suka mengacuhkan semua SMS promosi itu. alih2x dapat pemotongan harga/hadiah justru malah memperbesar pengeluaran. intinya, ya duit kita terus dikuras. barusan saya baca tulisan tentang kartu kredit. ya sama juga, ya. serba ribet serba nggak jelas serba menakutkan… bertolak-belakang dengan iklannya.

  26. xl mang penipu, bilang nya kalo isi xtra bisa dapet sms gratis..apaan tuh…ga ada sms gratis..nelp ke 817 pun bayar… mau negaranya mau perusahaan nya sama sama maling xl (punya malaysia a.k.a malingshit) kerjaan nya ya nyuri…

  27. ane pake xl… ane suka ama gratisanya.. ane bisa smsan ma pacr ane 5rb bisa buat 2minggu… yang lain lewat deh… ane harus matur nuwun ma xl yang telah dekat kan ane ama pacr ane.. aduhh malah jadi curhat.. heheh lol

  28. Terpaksa akhirnya saya turut bicara.
    Trik 2000/harinya sangat gak professional!

    Pulsa Rp.100.000,- menghilang dengan cepat.
    Mohon tanggapan segera dari pihak XL.

    Terima Kasih.

  29. Minta tlng donk… Sblmnya sya kan pake paket xl sampe puas, trus sya ganti ke paket rame rp 25/mnt. Eh, trnyata tmbah mhal. Trus mo ngembali’in ke paket sampe puas lagi, tp gk tau caranya. Minta bantuannya donk… Tks…

  30. Saya adalah salah satu pelanggan setia XL. Sudah 4 thn saya menggunakan kartu XL. Namun saya sangat kecewa sekali kepada XL. Tahun lalu saya ikut UNDIAN HOT XL. Nama counter saya MARNI CELL dan saya masuk di GOLD NON JABALOM. Kini sudah periode yang ke 3. Sdh berapa kartu saya daftarkan untuk mengejar poin. Tetapi terkadang kartu yg sudah saya daftarkan ternyata sering sekali poinnya tidak masuk. Kemana poin tersebut ? Namun saya terus berusaha, bersabar dan terus berdoa karena saya percaya kepada XL. Semua usaha yg selama ini saya lakukan ternyata membuahkan hasil. Saya cukup gembira dan senang…. karena poin saya sdh mencapai 17386. Saat itu saya sdh menghubungi pihak XL, jawaban yg saya terima adalah TUNGGU KONFIRMASI DARI KAMI. Tapi sampai saat ini saya belum mendapatkan konfirmasi dari pihak XL mengenai poin yg sdh saya capai. Saya mohon kepada pihak XL agar memberi konfirmasinya. Kepercayaan dan kesetiaan saya terhadap XL begitu besar. Jadi mohon kepada pihak XL Tolong jaga kepercayaan dan kesetiaan saya selama ini. XL besar karena ada kami2 yg percaya dan setia kepada anda.

  31. saya pengguna xl….memutuskan untuk malam ini (29/09/11) akan berganti operator dari xl ke im3 ato simpati…..
    alasan saya krn im3 emang kartu buat abg dan gratisannya udah terbukti
    untuk simpati…simpati adalah operator telp no. 1 di indonesia saat ini…setidaknya lima hal yang simpati penuhi dalam melayani konsumen; jangkauan luas, responsibility pada konsumen, connectivity nya yang mencapai 98,sekian persen (sambungan telp), GA BANYAK BONUS TAPI PASTI….itu yang seharusnya xl penuhi…trims

  32. kacau banget nih XL.
    Masak gue nelfon kenak nya mahal banget.
    Katanya, klo kesesama operator murah.
    Tpi, mana buktinya. gue nelfon aja kesesama xl kenak nya muaaahhaaalll banget,,,,

    gue pikir sih pke xl bisa hemat pulza.
    Tpi, malah makin boroz
    Jdi miskin
    And bangkrut gue…
    Rrrrrrrrr…. :((

  33. sama om tante nasip kartu xl q juga gitu,, q cman sayang no,x ini za soalx sdh lama q pegang ne kartu… sekarang mahalnya kaga ke tolongan,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>